Hay Day Clone v1.35.114 (June 19, 2017) versi terbaru --> klik di sini

Alasan Mengapa di SPBU Dilarang Menggunakan Handphone?

//

oke mungkin temen2 bertanya-tanya kenapa di setip SPBU/pom bensin kita dilarang menggunakan Handphone. Mau tau? ini dia alasannya, cekidott..

HP ternyata selain mengeluarkan frekwensi tinggi, juga mengeluarkan bunga api (meskipun kecil sekali, cuman seukuran 1 mikron. 1 mikron = 1/100 mm). Percikan api ini timbul di sekitaran antena koil, akibat beda potensial tegangan yg cukup tinggi. Juga lampu LED (Light Emitting Diode) yg juga mengeluarkan cahaya. LED yg dipakai pada HP berbeda dg LED yg dijual di pasaran elektronika. LED pada HP ternyata 'telanjang' (langsung terlihat filamen diodanya kontak dengan udara bebas) beda dg LED toko yg diberi selubung tabung dari plastik sehingga filamennya terlindung.

Pada saat led menyala, maka akan timbul pijar. Nah pijar dan percikan api dari koil tadi yg kadang2 bikin orang jadi berpikir paranoid meledak. Percikan api dan LED tersebut sebenarnya tidak cukup untuk menyulut uap bensin (benzena C4H8O12) di udara terbuka. tapi lain cerita jika udara yg ada sudah cukup jenuh sekali dengan uap bensin tersebut. Jika cukup jenuh, maka uap bensin tersebut akan dapat terbakar oleh percikan yg cukup kecil tersebut. Efeknya ya ledakan (njeblug). (jadi tidak ada salahnya kita tidak menggunakan hpe saat pengisian bahan bakar).

Kejadian ini sama saja dengan tabung gas yang bocor di dalam rumah. Gas elpiji yg bocor akan menempati bagian bawah rumah (lebih berat dari udara). Tapi gas elpiji merupakan tingkatan lebih tinggi dari bensin (lebih mudah terbakar atau dengan kata lain oktannya tinggi). Nah, kalau ada gas elpiji bocor dalam rumah, berarti udara dalam rumah akan jenuh dengan gas elpiji. Maka kita dilarang keras untuk menyalakan lampu listrik. Sebenarnya bukan lampunya yg bikin terbakar, tetapi percikan bunga api di saklar lampu pada saat kita menyalakan lampu tersebut. Sering terjadi khan kalau kita menyalakan lampu (apalagi yg wattnya tinggi), di saklarnya sering muncul bunga api mercik?

jelas kan..? selain dilarang menggunakan HP, kita juga dilarang untuk memotret atau menggunakan alat elektronik lainnya.


Lho kenapa? Pada dasarnya setiap alat elektroknik PASTI mengeluarkan bunga api (sekecil apapun), baik dari kontak batere, saklar, lampu, maupun jalur arus listrik. Begono temen2.. gimana udah sangat jelas kan?

mudah2an bisa menjawab rasa penasaran temen2 tentang hal tersebut..

UPDATE

Terima kasih kepada @kapuas yang telah mengoreksi tentang kebenaran isu ini. Menurut sumber lain isu ini adalah bohong. Sumbernya bisa dibaca di sini.

Mohon maaf atas kesalahan saya. Saya hanya penasaran karena dibeberapa SPBU sering ditempel stiker dilarang menghidupkan handphone. Terima kasih.

6 Comments

Jangan memotret di Pom Bensin, kok masih nekad?
*foto yang paling bawah
Reply Delete
@Imam:

iya bener juga yak..? hehe..
tapi bukan ane yang motret kok.. :D
Reply Delete
Anonymous 21 October, 2011
Nazlah: Klaw yg pnjelasan kamera gmna tuh???
Reply Delete
@Nazlah: kamera juga pasti mengeluarkan percikan api, walau sangat kecil sekali, CMIIW :D
Reply Delete
gak benar itu silakan pake HP di SPBU sepuasnya gak bakal terbakar koq... baca di sini:
http://www.pei.org/PublicationsResources/SafetyResources/StopStaticCampaign/tabid/121/Default.aspx
Reply Delete
@kapuas: terima kasih atas koreksinya, saya akan update post ini :)
Reply Delete

Post a Comment

Silakan tulis komentar atau pertanyaan kamu di sini. Komentar yang berbau spam, promosi dan sebagainya akan segera saya hapus. Terima kasih.

Cancel Reply