Ngerombak Template dan Maintenance Blog

//

Akhirnya setelah 2 hari begadang beres juga nih ngerombak blog . Ane terpaksa begadang karena kalo siang gak ada waktu buat ngurus yang beginian. Sibuk ama kuliah dan tugas yang bejibun .

Template ini ane rombak 20% dari sebelumnya. Ane ngerasa template yang dulu terlalu berat pas loading terus codingnya banyak yang ngaco so banyak muncul error mulu . Dan alhamdulillah sekarang udah diatasi (tapi belum semuanya sih). Ada beberapa bagian dari blog ini yang ane rombak :

1. Widget Blog

Widget-widget ane ilangin sebagian terutama widget social networking (facebook & twitter) terpaksa ane ilangin karena itu salah satu penyebab loading blog menjadi lama dan fungsinya juga gak terlalu penting amat . Sebagai gantinya ane pasang widget followers biar lebih gampang kalo ada orang yang nge-follow ane . Recent Post juga ane rubah jadi Popular Post. Sementara widget yang lainnya ane biarin kayak dulu.

2. Header Postingan

ane rasa header postingan yang dulu kurang menarik jadi ane ganti font-nya jadi "Cherry Cream Soda" . Terus border header ane ganti jadi garis solid aja biar keliatan gak rame. Tanggal & bulan postingan ane geser kesebelah kanan dengan alasan kalo dibuka di monitor resolusi 1024x768 ternyata background dan tulisannya jadi kepotong. Ane juga tambahkan nama penulis postingan biar tau yang nulis postingan siapa.

3. Footer Postingan

Di sini ane ngerubah bordernya. Sama kayak header postingan ane pake garis 3px #242424 solid. Kemudian ane tambahkan juga social bookmarking biar bisa di share di facebook atau twitter. Terus ane tambahin juga fitur mirip polling.

4. Related Post (Posting Terkait)

Dari dulu ane pengen banget munculin nih fitur di blog ane dan sekarang baru kesampean . Ane pasang fitur ini di bawah postingan biar nanti abis selesai baca bisa langsung nge-baca lagi postingan yang lainnya.


5. Komentar

Menurut ane ini yang ane rombak total. Mulai warna, layout ampe codingnya ane rubah. Di sini ane pasang fitur reply comment (seperti di wordpress). Tapi sayangnya fitur ini gak secanggih di wordpress . Kemudian ane perbesar gambar avatar jadi 50x50px. Warna yang ane pake dominan warna abu tua, orange sama putih. Menurut ane ketiga warna ini memberi kesan kontras dan enak diliatnnya juga .

6. Daftar Isi

Dulu ane pernah bikin fitur ini, tapi entah kenapa beberapa bulan kemudian fitur ini gak berfungsi lagi . Yah terpaksa ane matikan. Tapi sekarang ane nemu teknologi tercanggih buat nampilin daftar isi blog ane . Ada 2 macam daftar isi yang ane gunain di sini. Yaitu daftar isi menurut tanggal posting dan menurut kategori/label.


7. Maintenance Blog
Namanya juga bereksperiment pasti meninggalkan jejak2 yang tak kasat mata. Yah seperti itulah di bog ane, banyak banget sampah dalem coding nya. Ane bersihkan coding yang gak kepake. Hal ini juga memperngaruhi kecepatan loading blog. Ane juga menambahkan meta tag yang SEO friendly biar trafik dan pagerank blog ane naik .

8. Favicon

Kecil-kecil cabe rawit. biar kecil tapi kecubit. Halaahh apan tuh.. ? Ane ganti favicon dulu yang berbentuk rumah menjadi avatar ane, tapi cuma kepalanya doang. haha..

9. Link Exchange

Bagi siapa saja yang mau tukeran link sama ane, silahkan hubungi aja ane kita saling silaturahmi . Ane nambahin fitur ini ke blog ane.

Desain dasar dan yang lainnya ane gak diubah, nanti kalo udah bosen kemungkinan akan ane rubah juga. Bahkan yang lebih ekstrim ane ganti template, hehe..

Sekian... terima kasih..

6 Comments

keren templatenya gan.. :) lam nal ah..
Reply Delete
@Andy A.Fairussalam:

terima kasih gan, salam kenal juga.. ^^
Reply Delete
gimana templatenya bisa kayak gini ? keren kayak buku tulis gitu :) pngen dong , tp gmn caranya kak?
Reply Delete
@agyaafeyear :
template kayak gini banyak kok kalo cari di google. Cuma kalo ngeditnya harus tw dulu tentang HTML sama CSS nya. ^_^
Reply Delete
Lima jempol dah..

Rapih bnget tampilane.. n bikin mata betah ngliatnya..

pokoke jan ra umum.. wekeke..
Reply Delete

Post a Comment

Silakan tulis komentar atau pertanyaan kamu di sini. Komentar yang berbau spam, promosi dan sebagainya akan segera saya hapus. Terima kasih.

Cancel Reply