Hal-Hal Unik Dari Group Idol AKB48 - Part 2

//

Kita lanjutin Hal-Hal Unik Dari Group Idol AKB48. Postingan ini adalah lanjutan dari Hal-Hal Unik Dari Group Idol AKB48 - Part 1. Bagi yang belum baca part 1 nya, disarankan untuk membacanya juga.

Teater
Teater AKB48 terletak di lantai 8 gedung DonQ yg ada di tengah2 distrik Akihabara. Teater ini tidak terlalu luas, kapasitas bangku penontonnya hanya ada 150 dan sebagian bisa berdiri di belakang untuk kapasitas 100 orang.


Bagi member2 AKB, teater adalah tempat sakral. Ada juga yg bilang teater itu sebagai rumah kedua mereka. Karena bagaimanapun AKB48 berawal dari teater ini. Disinilah tempat mereka pertama kali tampil dan mengumpulkan fans sedikit demi sedikit.


Satu hal lagi yg saya sukai dari mereka., Mau setinggi apapun popularitas mereka, mereka akan tetap kembali ke teater kecil ini, tempat dimana mereka berasal.

MC
MC di teater AKB48 terbilang unik, karena mereka membawakan acara tanpa skrip sama sekali. Jadi mau ngobrol ngalor ngidul juga sah2 aja. MC biasanya dibawakan saat pergantian lagu untuk menghabiskan waktu menunggu member2 yg akan tampil berikutnya dengan kostum lain.


Yg diomongin macem2, mulai dari pengumuman penting seputar kegiatan AKB sendiri sampai ke hal2 paling ga penting kayak ngegosipin member2 lain. Penonton juga diajak ikut berinteraksi oleh member dengan cara2 yg unik.

Lewat MC di depan fans inilah (baca: cerita ngalor ngidul), tiap member saling bertukar pikiran, mendiskusikan hal2 yg tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya. Dan dari sini juga fans bisa menilai apakah karakter yg mereka tunjukan di depan kamera itu sesuai dengan pengakuan temen2nya sendiri.

Konser
Perlu diingat, konser dengan nama AKB48 itu berarti mencakup AKB sendiri, ditambah SKE, SDN, dan NMB. Kebayang kan gimana ramenya kalo semua ngumpul di atas panggung..?


AKB48 memiliki konser tahunan yg disebut “Request Hour Set List Best 100 concert”. Di konser ini member membawakan 100 lagu terbaik hasil voting dari fans. Lagu2 tersebut termasuk lagu2 single, lagu teater, lagu group’s sister (SKE/SDN/NMB), sampai lagu2 dari sub-unit AKB. Konser ini dibawakan selama 4 hari berturut2 (1 hari = 25 lagu) dan ditampilkan berurutan dari nomor 100-1.


Yg saya suka tiap kali nonton DVD2 konser AKB adalah.. scene2 di balik layar konsernya sendiri. Beuh… itu namanya bukan riweuh lagi, tapi udah mendekati chaos…! Lihat member2 + staf2nya sebanyak itu berkeliaran, bolak balik, gonta ganti kostum, ambil-taruh mic, sampe latihan dance di pojokan + hafalin posisi saat di panggung nanti biar ga tabrakan., semuanya terekam di kamera. Dari sini juga kita bisa melihat hubungan antara senpai-kouhai yg nyata (kayak member2 kenkyuusei ataupun member2 group sister yg masih ngerasa segan kalo bertemu dengan member2 AKB).


Paling seru melihat mereka semua membentuk lingkaran besar sambil berpegangan tangan dan berteriak mengikuti ‘arahan’ sang leader tiap kali sebelum konser dimulai.

Media Senbatsu
Apaan tuh Senbatsu? Senbatsu merupakan istilah yg dipakai dalam AKB48 untuk menunjuk pada member2 yg masuk ke dalam video klip promosi single (baca: PV). Tau kan jumlah member AKB itu ada banyak.. ga mungkin dong kesemua membernya bisa masuk video berdurasi 4-5 menit dan di close-up satu2. Karena itu manajemen AKB memutuskan untuk memilih beberapa member (biasanya sekitar 16-20an member) yg “dianggap” dapat mewakili AKB48 secara keseluruhan.


Dari awal dibentuk, susunan member2 senbatsu ini kebanyakan tidak banyak berubah. Baru untuk pemilihan single ke-13 di tahun 2009 (Iiwake maybe), manajemen mengumumkan bahwa member senbatsu dapat dipilih sesuai voting dari fans. Member yg mendapatkan voting terbanyak otomatis dinobatkan sebagai center senbatsu dalam single yg dimaksud. Ajang pemilihan senbatsu (atau biasa disebut Senbatsu Sosenkyo) ini untuk selanjutnya diadakan tiap 1 tahun sekali dan dianggap sangat berarti oleh member2 AKB48 sendiri, karena pemilihan berdasarkan voting dari fans menunjukkan seberapa besar popularitas mereka di dalam grup (yah, ini baru namanya persaingan di tengah2 persahabatan).

Uniknya, di saat AKB48 semakin populer, manajemen menemukan cara baru untuk memilih member2 yg masuk PV secara adil: lewat SUIT JEPANG (alias Janken Taikai).


Yup, mereka semua diikutsertakan dalam kompetisi suit jepang untuk mendapatkan 16 orang pemenang yg nantinya akan masuk dalam PV selanjutnya. Ga tanggung2, acara ini diselenggarakan di Budoukan (tempat konsernya artis2 besar…). Dengan begini semua member memiliki kesempatan untuk bisa masuk dalam PV (terutama untuk mereka yg belum pernah sekalipun masuk senbatsu). Janken Taikai sendiri baru sekali dilaksanakan pada tahun lalu untuk menentukan member2 yg masuk PV dalam single ke-19 (Chance no Junban). Hasil penjualan single-nya? masih tetap menguasai peringkat no.1 oricon…

Handshake
Jangan bayangkan handshake dengan member2 AKB48 sama aja kayak acara handshake dengan idol/artis lain, karena kita sendiri yg memilih member favorit mana (oshimen) yg ingin ditemui. Yap, mereka berdiri terpisah2 dan diberikan jalur khusus untuk fans yg ingin berjabat tangan dengan mereka.


Pengen bisa lama2 ngobrol sama member favorit? Dapatkan tiket handshake yg bisa diambil dalam CD single limited edition banyak2, karena denger2, 1 lembar tiket handshake sama dengan kita diberi waktu sekitar 5-10 detik untuk ngobrol sama mereka…

Oshimen
Dalam dunia wota AKB48 ada istilah yg satu ini, Oshimen. Oshimen merupakan singkatan dari Oshiteiru Member (bahasa Jepang: Member = Menbaa), kalau diartikan yaitu 'Member yang kita dukung' atau bisa juga berarti 'Member favorit'. Berhubung jumlah member AKB48 ada banyak, fans diberi kebebasan untuk memilih sendiri siapa member yg paling ingin mereka dukung. Dan yg saya maksud 'dukung' di sini berarti kita benar2 konsisten buat mendukung dia dengan cara mengumpulkan stuff2/goodies berkaitan dengan Oshimen kita, termasuk mem-vote dia banyak2 dalam ajang pemilihan Senbatsu, kalo bisa sekalian dia yg jadi center AKB... Umumnya seorang wota rela buang2 duit demi Oshimen.


Selain oshimen ada lagi istilah MD (Minna no Daisuki), artinya 'suka sama semua member' atau bisa dipersempit lagi jadi 'suka sama beberapa member' (dalam hal ini lebih dari 1 member). Terus gimana kalo kita suka sama semua member AKB48? Pokoknya bodo amet gw suka member2 AKB48 secara keseluruhan. Kalau ada yg mikir demikian berarti namanya kita DD (Daredemo Daisuki), artinya 'Suka sama siapa aja'. Seorang fans yg ngaku DD, biasanya dia ngumpulin semua stuff2 yg berhubungan dengan SEMUA member AKB.

Selain itu ada pula istilah "Kami-oshi" dan "Oshihen". Kami-oshi: Kami = Dewa, jadi oshi yang didewakan, kasarnya oshi yg paling spesial kalau kita ngaku MD. Sementara Oshihen (bukan Oshimen Hentai yg jelas ), singkatan dari Oshimen Henshin yg bisa diartikan 'ganti/pindah Oshimen'.

Sisters Group


Hingga saya menulis artikel ini, AKB48 sudah memiliki 5 sister group di berbagai daerah, baik di Jepang maupun luar Jepang. SDN48 (Saturday Night 48), "kakak" AKB48 yang tampil di teater AKB tiap malam minggu dan menampilkan performance untuk orang "dewasa"; SKE48 di Sakae, Nagoya; NMB48 di Namba, Osaka; HKT48 di Hakata, Fukuoka; dan yang paling baru dan paling dahsyat, JKT48 di Jakarta, Indonesia.

JKT48

SDN48

SDN48 dibentuk sejak tahun 2009, dimana 4-5 member dari AKB48 ditetapkan sebagai member2 generasi pertamanya. Karena performance SDN48 ditujukan untuk orang dewasa, otomatis member2 di dalamnya adalah wanita2 berusia di atas 20 tahun (dan rata2 sudah aktif terlebih dahulu sebagai gravure model). Untuk kualitas dance dan vokal, bisa dibilang level SDN48 berada jauh berada di atas AKB48. Sayangnya mereka akan bubar mulai bulan April tahun ini... *sigh*

SKE48

SKE48 hadir di Nagoya sejak tahun 2008, terdiri dari tim S, tim KII (baca: K two), dan tim E. Dari awal berdiri, Aki-P sengaja mempromosikan satu membernya yang paling muda, Matsui Jurina, sebagai center SKE48.

Matsui Jurina SKE48

Untuk kualitas dance, SKE48 ga perlu diragukan lagi. Bahkan member2 AKB48 sendiri banyak yang mengakui bahwa dance member2 SKE48 lebih bagus dari mereka.

NMB48

NMB48 berdiri di distrik Namba, Osaka sejak tahun 2010. Hingga saat ini masih terdiri dari tim N, tim M, dan tim kenkyuusei.

Sementara untuk HKT48 dan JKT48, berhubung mereka baru secara resmi terbentuk, saya belum bisa kasih info banyak seputar mereka.

HKT48

Kemunculan sisters group AKB48 ini sesuai dengan konsep idol yang didirikan Aki-P, "idol yang bisa kamu temui". atau kasarnya bisa dibilang ini usaha dia untuk mendominasi dunia lewat 48family buatannya.

Terlepas dari pandangan2 negatif tentang penyebaran konsep idol 48 ini, Aki-P memang sudah menarik perhatian dunia lewat bisnis idol-nya yang ruarr biasa.

***
Huih selesai juga, itulah hal-hal unik dari AKB48. Semoga bermanfaat :)

Sumber : KASKUS

2 Comments

Anonymous 13 April, 2013
Gue udah baca dari part 1-2, menarik bnget... oiya,,, tapi knp JKT48 gak kaya kaka nya (AKB48) ya...? kalo AKB48 berdasarkan ketenran,,, kenapa JKT ngga ya...?
ane kurang tw lebih detailnya gan, tapi ane rasa strategi antara AKB48 dan JKT48 berbeda :)
Delete
Reply Delete

Post a Comment

Silakan tulis komentar atau pertanyaan kamu di sini. Komentar yang berbau spam, promosi dan sebagainya akan segera saya hapus. Terima kasih.

Cancel Reply